Senin, 17 November 2014

Pekerjaan Yang Dilakukan

Berikutmeupakanproseduruntukmelaksanakan setting pada personal computer (PC) agar dapatmengoperasikan i-SISKA denganmaksimal :
1.      Web Browser
Web Browser yang digunakanuntukmenggunakani-SISKAadalahAvant BrowseratauInternet Expeloler. TetapidisarankanmenggunakanAvant Browsersebagaidefaultuntukmengoperasikani-SISKA. BukaAvant BrowserdanmasukanURL portal i-SISKA, yaituhttp;//i-SISKA.telkom.co.id.

Gambar 3.1 Input URL portal i-SISKA
Gambar 3.2Tampilanhalamanutama i-SISKA

2.      Login
Logindenganmeng-klikLogin padasisiskirihalaman :
Gambar 3.3Halaman Login i-SISKA
Masukanusernamedanpassword, kemudiankliktombol. Opretaorakandiarahkankembalimenujuhalamanutama i-SISKA dengan status telahlogin.


 


3.      BukaGaia Network
Masukkesalahsatu menu i-SISKA , yaituGaia Network, karenapenulishanyadiberiprofile (user)pada menu Gaia network. Klik tab menu  . Kemudianklik menu .
Gambar 3.4 Form Utama Gaia Network










 


Table 3.1Penjelasan menu-menu pada Gaia Network

MENU
SUB MENU
KOMENTAR

INFRASTUKTUR

Perangkat

Untuk mengakseskan pengelolaan perangkat.


Perangkat Khusus

Untuk mengakseskan pengelolaan Perangkat Khusus


Sirkit

Untuk mengakseskan manajemen Sirkit.


Jalur Prioritas

Untuk menghapus jalur prioritas


Area

Untuk mengakses pengelolaan Area

Proyek

Manajemen Proyek

Untuk mengakses fungsi “proyek” manajemen

Rute

Study Otomatis

Untuk mengakses study otomatis


Simulasi

Untuk mengakses Study Simulasi


Bertahap

Untuk mengakses modul


Transfer

Untuk mengakses modul omzeting individu.


Transfer Bulk

Untuk mengakses modul omzeting massal.


Menunggu
Successors

Untuk mengakses modul manajemen menunggu suksesor

Konsultasi

Infrastuktur

Untuk mengakses modul tampilan infrastruktur.


Fas. Jar

Untuk mengakses modul tampilan Fasilitas Jaringan.









 


4.      Form Transfer
Form Transfermerupakan menu dariGaia Network yang berfungsibagikaryawan PT. Telkom untukmelakukanomzetinngindividu.

Gambar 3.5From Transfer













 


Table 3.2PenjelasanFrom Transfer

Daftar Omset


Untuk memilih dari daftar yang diusulkan.


Indentifer


Untuk memilih dari daftar yang diusulkan atau juga dapat menginputkan  manual.

Layanan


Layanan yang digunakan setelah menginput  Indentifer.

Tipe Id


Tipe dari  Indentifer yang sudah di input.



Untuk Validasi dan melanjutkan transfer.





                                                                                                                     

 


BLOK LAYANAN


Layanan


Tampilan kode layanan yang digunakan

Tipe Id


Tampilan jenis identitas layanan

Identifer


Tampilan identitas layanan

Operator


Tampilan layanan operator terkait

Terminal


Tampilan jumlah terminal

No. Akses


Tampilan nomor jaringan perterminal

Status


Tampilan status layanan

Tgl


Tampilan status tanggal modifikasi

Id Grpt


Tampilan indentitas Group Payment


Nomor


Tampilan jumlah layanan yang sesuai dengan kriteria

Identifier


Tampilan alamat terminal




Untuk validasu dan melanjutkan Transfer

Modifikasi(memindahkan) data Modul DSLAM dan RDSLAM pada terminal lain
Modifikasi data modul DSLAM atau RDSLAM diperlukanjika, terminal yang lama darimodultersebutmengalamikerusakan yang parahdandiperlukannyapemindahanmodul.





         
Pemindahanmodulharuslahpadamodul yang berstatusAVAI ( Portkosongsiapdigunakan ).
a.       Inputkannomor DN padaIdentifier, kemudiantekantombol Enter.

Gambar 3.6Pengisian Form Transfer
b.      Kliktimbol. Setelahmunculrinican data padadaftarlayanan, kliktombol.
Gambar 3.7Rincian Data
 


c.       PadaForm Rute, kliktomboluntukmencaririncian data PerangkatKhusus. Kliktomboluntukmemindahkan data modul DSLAM danRDSLAM.
Gambar 3.8 Form Rute
d.      KliktombolpadaTerminaldanSambungan, untukmemilih Terminal danModulbarudaridaftar yang diusulkan.
Gambar 3.9List Sambungan
e.       Setelahmemilihmoduldan terminal yang baru, kliktombol.
Gambar 3.10Rician data yang baru
f.       KliktomboluntukmencariPerangkat Upstream. Perangkat Upstream adalahperangkat yang masihaktif.
Gambar 3.11Rincian data Perangkat Upstream
g.      Pilihtombol, kemudianakanmunculform Mutasi-ModifMutasi.
Inputkan N padaKoneksi KO (Y/N)dankliktombolpadaAlasanuntukmemilihdari list yang digunakan, pada list yang diusulkanpilih KSB.Hal inidiperlukankarenamodul yang lama masihdapatdipakaiaktif.Bilamodul yang lama mengalamigangguan yang fatal dantidakdapatdpakaimaka data yang harus di inputkanpadaKoneksi KO (Y/N),yaitu Y danpada alas anpilih KSR. Kemudiankliktombol.
Gambar 3.12Form Mutasi-ModifMutasi
h.      Setelahdiarahkankembalimenujuform rute. Kliktomboluntukvalidasi data yang telah di inputkan.
i.        Pada Form Permint.Fas.Jaringan. Rincian data baruakanditampilkan. Kliktomboluntukmelakukanpenyimpanan data.
Gambar 3.13Form Permint.Fas.Jaringan

 


j.        KemudianModifikasi data yang muncul, kliktomboluntukmenyimpananpeubahan.
Gambar 3.14KonfirmasiModifikasi
k.      PilihtomboluntukkembalimenujuForm Transfer

A.    Permasalahan Yang Dihadapi
Dalammelakukanomzeting data terdapatpermasalahan ,yaitutidakterdaftarnomoridentifierdikarenakanterjadinyakesalahanpada proses input data misalkantidakselesainya proses omzeting, terputusjaringanpada server, danpadamnyalistrikketikamelakukanomzeting , contohgambaromzeting yang bermasalah.


Gambar 3.15PermasalahanOmzet
B.     PemecahanMasalah
Pemecahanmasalahdilakukandengancaraprosedurberikut :
1.      MasukannomerMI  ( nomormasalah)padanomorpermintaandiatas , jikasetelahnomor IM dimasukankeluar table dibawahmakanomerbelumterdaftar , makanomerpermintaanharusdipaksa , lihatdigambardibawahinisebagailangkahpemaksaannomor.
Gambar 3.16Pengecekannomerpermintaan

 


2.      Padagambariniadalah menu awalpemaksaanpadanomor MI, yaitudenganmasukke menu operasipada menu toolbar, laluklikpadakonsistensidanpilihpadakonsistensipermintaan, setelah di klikkonsistensipermintaanmakamasukkegambarberikutnya.
Gambar 3.17Pemilihan Menu KonsistenPermintaan

3.      Padagambarinimasukannomor MI kenomorpermintaanlalukliktandasebagaivalidasi, maka data padadaftarpermintaanakankeluarlaluberitandahitampadaujungsebelahkanandaftarpermintaan agar kolompadaoperasidan status target dapat di isi, isikolomoperasidengan CS yaitupaksa status permintaandankolom status target dengan UN yaituUnreakizable, setelahkeduakolomdibawahterisimakakliktandasebagaivalidasidansekaligusmenyimpan data, makasetelahitunomer MI di masukankembalisepertigambarawal, sepertigambarberikutnya.
Gambar 3.18Cara PemaksaanNomer

4.      Padagambarinidmasukankembalinomer MI pada status nomerpermintaandantekan enter jikapadakolom status keluartulisan UN makanomorsudahdapat di omzetkembali, dankliktandauntukmelakukanomzeting data tersebut, denganmelakukanprosedur-prosedurdiatastadipermasalahannomer MI sudahselesai di atasi.


Gambar 3.19Nomerberhasildipaksa

0 komentar:

Posting Komentar

 
smk telkom di indonesia Telkom University di indonesia
Smk Telkom Jakarta Telkom University
Smk Telkom Banjarbaru ST3 Telkom
Smk Telkom Bandung Akatel Jakarta
Smk telkom Malang
Smk Telkom Purwokerto
Smk Telkom Makasar
Smk Telkom Lampung